input license here

Situs Prasasti Batu Tulis Cipaku, Wisata Sejarah Penuh Misteri

Destinasi Wisata Sejarah Purbalingga

Situs Prasasti Batu Tulis Cipaku (c) pelancongngapak.blogspot.com

Bosan dengan destinasi wisata yang itu-itu saja? Bagaimana kalau kali ini saya ajak kamu untuk mengunjungi salah satu destinasi wisata sejarah di Purbalingga.

Kali ini saya ingin mengajak kamu untuk mengunjungi Prasasti Batu Tulis Cipaku yang katanya penuh misteri, penasaran? Ayo, cepetan kita otw. 

Prasasti batu tulis ini terletak di Dusun Pangebonan, Desa Cipaku, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga.

Batu berukuran besar ini sudah menjadi salah satu cagar budaya milik Jawa Tengah sejak tahun 1982.

Belum diketahui secara pasti apa maksud dari keberadaan batu tulis tersebut. 

Ada yang beranggapan batu tulis ini merupakan tanda bagi Raja penguasa  di daerah Cipaku, ada juga yang beranggapan sebagai tanda batas kekuasaan dari kerajaan di Jawa Barat. Semuanya masih menyimpan misteri.

Sarat akan Misteri

Tulisan di Prasasti yang sudah mulai tak terbaca (c) pelancongngapak.blogspot.com

Situs prasasti batu tulis Cipaku masih menyimpan misteri. Belum diketahui secara pasti apa makna tulisan yang terpahat dalam batu besar tersebut.

Tulisan dalam bentuk seloka dengan huruf Pallawa dan bahasa Sansakerta tersebut berbunyi "INDRA WARDHA WIKRAMA DEVA".

Sumber gambar: wikipedia

Ahli arkeolog memperkirakan bahwa tulisan tersebut merupakan nama seorang bangsawan atau pun raja.

Tetapi hingga saat ini siapa raja tersebut dari kerajaan mana dan mengapa batu tersebut terletak di wilayah Purbalingga masih menjadi misteri.

Prasasti yang diperkirakan berasal dari abad ke 5-7 Masehi, ternyata memiliki kesamaan dengan Prasasti Ciareteum di Bogor.

Kesamaan tersebut terletak dari segi tulisan, bahasa, hingga waktu pembuatannya.

Ada perspektif yang muncul bahwa nama Indra Wardha Wikrama Deva merupakan bangsawan dari Kerajaan Tarumanegara, Jawa Barat.

Hal ini mengundang pertanyaan apakah nenek moyang masyarakat Cipaku berasal dari kerajaan Jawa Barat? Tentu saja, perlu dilakukan penelitian dan kajian lebih mendalam lagi.

Nenek Moyang Cipaku dari Kerajaan Tarumanegara, Pasundan atau Majapahit?

Selain ada anggapan bahwa asal usul Prasasti Cipaku dari Kerajaan Tarumanegara, nama Desa Cipaku sendiri memiliki makna yang istimewa.

Ci berarti sungai dan Paku berarti pedoman. Cipaku dapat diartikan sebagai sungai yang menjadi tulang punggung kehidupan.

Kata tersebut diperkirakan berasal dari Kerajaan Pasundan. Tetapi melihat masyarakat di daerah Cipaku tidak berbahasa dan berlogat Sunda, hal ini memunculkan pertanyaan apakah daerah Cipaku merupakan kawasan yang istimewa bagi Kerajaan Pasundan dan Kerajaan Majapahit?

Lagi-lagi nih, untuk menjawab pertanyaan ini perlu dilakukan penelitian dan pengkajian lebih lanjut. Sayangnya sampai sekarang belum terdengar kabar lagi tentang penelitian di kawasan Cipaku.

Desa Cipaku sendiri merupakan salah satu desa purba yang ada di wilayah Purbalingga, tidak heran jika desa terluas di Kecamatan Mrebet ini memiliki situs-situs cagar budaya bernilai historis tinggi.

Alamat Prasasti Batu Tulis Cipaku



Situs batu tulis Cipaku terletak di Dusun Pangebonan, Desa Cipaku, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Buat kamu yang mau berwisata sejarah ke situs batu tulis Cipaku ini tidak perlu bingung, sudah ada denah lokasinya di Google Maps.

Jika kamu datang dari luar daerah dan tidak membawa transportasi sendiri, setelah sampai di perempatan kecil pasar Karangnangka kamu bisa naik ojek pengkolan menuju lokasi.

Eits, jangan sembarang yah disini apalagi berniat mau merusak. Hehehe.
Bukan mau bikin takut nih, tapi dulu pernah ada orang yang sengaja merusak prasasti dan mencoba menghapus tulisan pada batu dan katanya nih tidak berselang lama oknum-oknum tersebut meninggal dunia.

Konon batu ini mengandung daya maghnet yang sangat kuat. Kamu bisa mengujinya dengan meletakan kompas di sekitar batu.

Selain itu, di depan batu biasanya masih terdapat dupa dan taburan bunga. Hal ini karena prasasti batu tulis dianggap istimewa bagi para penganut kepercayaan Kejawen yang datang baik dari sekitar lokasi maupun dari luar daerah.

Itu dia tadi ulasan singkat saya seputar Prasasti Batu Tulis Cipaku. Jangan lupa tetap hati-hati dan selamat melancong.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment