input license here

Menelusuri Keindahan Siregol Superland

Cie, yang lagi stress dan pusing. Sini main dulu ke Siregol Superland, disini kamu bisa sejenak melupakan tugas sekolah, tugas kuliah, atau deadline kerjaan deh. Dijamin.

Siapa sih yang tidak senang melihat pemandangan indah begini. Hijaunya pepohonan ditambah suasana asri dan sejuk khas perbukitan bakalan jadi obat ampuh untuk menghilangkan stress dan penat.

Siregol Superland ini merupakan salah satu area konservasi di wilayah Kabupaten Purbalingga. Jadi, kalau mau main kesini jangan buang sampah sembarangan apalagi sampai merusak. Haram hukumnya.

foto: eva oktafikasari/pelancong ngapak


Saat mulai masuk di wilayah Siregol Superland, kamu bakalan disambut dengan hawa sejuk dan kicauan burung yang saling bersautan dengan suara-suara binatang lainnya. 

Pokoknya sempurna banget untuk dijadikan tempat mencari ketenangan, soalnya di wilayah ini jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Sampai akhir tahun 2019 wisatawan yang berkunjung tidak dikenai biaya alias Gratis. Pokoknya dijamin hati senang, pikiran tenang, kantongpun tetap aman.

Eksplore Spot Foto Keren

Buat kamu yang doyan berfoto ria, ada banyak sekali tempat yang bisa dieksplore. Tapi setiap titik dan sudut di Siregol Superland itu spot foto keren sih. Hehehe. Tidak percaya? Nih aku kasih bukti lagi.
foto: eva oktafikasari/pelancong ngapak



foto: eva oktafikasari/pelancong ngapak

foto: eva oktafikasari/pelancong ngapak

Gimana foto-fotonya, kerenkan untuk dipajang di feed instagram kamu?

Habitat Asli Binatang Langka



foto: eva oktafikasari/pelancong ngapak

Kawasan hutan lindung di area Siregol dan Desa Sirau merupakan habitat asli dari primata langka owa jawa (Hylobates moloch) dan elang jawa (Nisaetus bartelsii).

Kawasan ini merupakan area konservasi hutan lindung di bawah naungan Perhutani Banyumas Timur.

Selain kedua binatang langka tersebut, masih ada beberapa jenis binatang langka lainnya seperti lutung jawa (Trachypitechus auratus), Monyet ekor panjang (Macaca fascicularis), Surili (Presbytis comata), Binturong (Arctictis binturong), Julang emas (Phyticeros undulatus), Kukang jawa (Nycticebus javanicus), Bajing jelarang (Ratufa bicolor), Bubut besar (Centropus sinensis).

Bahkan beberapa waktu yang lalu warga di sekitar lokasi masih melihat Macan kumbang (Panthera parclus) di kawasan hutang lindung tersebut.

Jika kamu beruntung, bisa bertemu dengan mereka diantara rimbunnya pepohonan. Terkadang banyak juga wisatawan dan komunitas pecinta alam yang membawa teropong sendiri demi dapat menyaksikan secara langsung aktivitas binatang-binatang langka tersebut.

Alamat dan Akses Transportasi

foto: eva oktafikasari/pelancong ngapak

Siregol Superland berada di Desa Kramat, dan Desa Sirau, Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga.


Untuk bisa sampai ke Siregol kira-kira dibutuhkan waktu sekitar 40-60 menit dari Kecamatan Bobotsari.

Buat kamu yang datang dari luar kota dan tidak membawa kendaraan sendiri ada baiknya untuk menyewa kendaraan terlebih dahulu di daerah Bobotsari. Soalnya nih, belum ada transportasi umum yang melewati kawasan Siregol dan Sirau.

Biasanya transportasi publik hanya beroperasi sampai daerah Tamansari atau pasar saja. Jadi, lebih nyaman kalau kamu menyewa kendaraan pribadi.

Sedikit tips nih buat kamu yang mau jalan-jalan ke Siregol Superland

foto: eva oktafikasari/pelancong ngapak

  1. Bawalah bekal makanan dan minuman, soalnya jarang sekali warung dan toko. Meskipun di kawasan ini kamu tetap bisa menemukan warung kopi.
  2. Isi penuh bahan bakar sebelum ke sana yah, penjual bensin eceran hanya ada di Desa Sirau itupun hanya ada satu atau dua dan lumayan jauh jaraknya. Dari pada kehabisan bensin di jalan mending kamu isi dulu sampai penuh.
  3. Kalau bisa jangan gunakan motor matic, mengingat medannya yang cukup ekstrim naik turun dan berkelok-kelok lebih nyaman jika menggunakan motor manual. Tapi, tidak masalah kalau kamu memang tetap menggunakan motor matic.
  4. Berhati-hatilah saat disana terutama saat hujan, karena jalannya akan menjadi licin dan ada beberapa titik yang sering terjadi longsor.
  5. Ingat yah, jangan sekali-kali nyampah. Beberapa kali kesana ada saja wisatawan yang meninggalkan sampah-sampah plastik. Selain mencemari dan mengotori lingkungan, tentu saja sampah-sampah plastik ini akan mengurangi keindahan alam yang masih asri.
Nah itu dia tadi sedikit info dan tips buat kamu yang ingin menikmati keindahan alam di Siregol Superland. Selamat melancong.




Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment