input license here

10 TIPS MENGINAP DI HOTEL, BIAR LIBURANMU MAKIN NYAMAN

Kamu kalau mau liburan ke luar kota biasanya mencari penginapan atau memilih menginap di rumah teman, saudara atau bahkan menginap di rumah calon mertua nih?

Tapi sekali-kali boleh dong merasakan jadi backpacker sejati dengan menginap di penginapan. 

Wah, siapa aja nih yang pernah mbolang ke luar kota sendirian dan nginep di hostel atau hotel sendirian? Yok, cung. Kita samaan, loh.

Gimana rasanya? Seru abis kan? Nah, kali ini aku mau kasih sedikit tips nih buat kamu yang ingin menginap di hostel, penginapan, dom, maupun hotel berbintang. Yuk, kita simak.

foto: pixabay.com

1. Memilih Hotel dan Penginapan Online

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari penginapan. Nah, aku lebih menyarankan kamu untuk mencari penginapan online yah, dear.

Soalnya dengan memcari dan memesan lewat situs booking online kamu bakalan bisa memilih penginapan yang sesuai kebutuhan.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah cobalah meluangkan waktu untuk membandingkan harganya. Banyak situs booking online yang sudah memberikan harga diskon.

Selain itu, pastikan juga harga yang tertera apakah sudah termasuk pajak atau belum yah.

2. Lihatlah Ulasan Pengunjung

Setelah kamu menemukan lokasi dimana kamu akan menginap, luangkan waktu juga untuk membaca ulasan-ulasan dari pengunjung.

Baik ulasan di google, maupun berbagai ulasan yang ada di situs booking online. Pastikan tempatnya memiliki rating yang bagus yah.

3. Lihat Foto Unggahan Pelanggan

Jika kamu ingin tau seperti apa sebenarnya penginapan yang akan kamu kunjungi, jangan mudah percaya dengan foto atau gambar bagus yang diunggah oleh pemilik.

Cobalah mencari gambar atau foto asli jepretan dari pelanggan yang pernah menginap sebelumnya, agar kamu tidak merasa tertipu.

4. Pastikan Fasilitas Hotel atau Penginapan sesuai Kebutuhanmu

Selanjutnya, kamu harus memastikan fasilitas hotel atau penginapan yang akan kamu tempati memiliki fasilitas sesuai dengan kebutuhanmu.

Fasilitas penting yang biasanya kita butuhkan seperti wi-fi, area parkir yang luas dan aman, peralatan mandi seperti handuk dan sabun, ruangan yang ber-AC atau minimal kipas angin, tempat tidur yang bersih dan nyaman, serta kamar mandi yang berfungsi dengan baik.

5. Bawalah Peralatan Makan dan Peralatan Ibadah Sendiri

Di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini, kita dianjurkan untuk membawa peralatan pribadi, seperti perkap ibadah dan tempat makan sendiri.

Selain meminimalisir resiko penularan Covid 19,  membawa peralatan sendiri akan lebih nyaman dan efisien. Kamu tidak perlu banyak mengeluarkan uang untuk membeli air mineral. 

Dengan tempat minum yang dibawa sendiri, kamu bisa berulang kali mengisi ulang dengan galon air di hotel ataupun di tempat lain, seperti masjid yang sering menyediakan air minum untuk pengunjung.

6. Pastikan Ruangan Kamar Aman dan Bebas Kamera Pengintai

Saat kamu sudah memasuki kamar yang kamu pesan, terlebih dahulu kamu periksa setiap sudut ruangan.

Coba bukalah selimut agar kamu tau tempat tidurmu sudah aman dan bersih. Selain itu, periksalah setiap sudut ruang dan kamar mandi.

Jangan sampai ada kamera pengintai terpasang di kamarmu yah, caranya dengan mematikan lampu seluruh ruangan dan nyalakan kamera HPmu jika kamu menangkap cahaya merah atau ada yang aneh, jangan sungkan untuk mengadukannya ke resepsionis.

7. Periksa Google Maps untuk Memastikan Jarak Penginapan dengan Destinasimu

Seringkali kita memilih salah satu penginapan karena jaraknya yang dekat dengan destinasi tertentu atau tempat tertentu yang menjadi tujuan kita berkunjung ke kota orang.

Jarang percaya dengan jarak yang tertera di deskripsi hotel baik di situs asli milik hotel tersebut maupun pada situs booking online.

Sebelumnya kamu harus mengecek dahulu lewat Google Maps agar tahu seberapa jauh jarak yang sebenarnya dari hotel tempatmu menginap menuju tempat tujuanmu.

8. Pastikan Tempatmu Menginap Dekat dengan Berbagai Fasilitas Publik

Agar segala kebutuhanmu mudah dan cepat terpenuhi, tidak ada salahnya kamu mengecek apakah tempatmu menginap dekat dengan berbagai fasilitas penting.

Fasilitas itu seperti bandara, halte, terminal, toko serba ada, minimarket, pos keamanan, warung makan, ataupun dekat dengan destinasi wisata yang bisa sekalian kamu kunjungi.

9. Jangan Ragu Tanyakan Berbagai Peraturan yang Berlaku di Lingkungan Tersebut

Sebagai seorang pendatang, ada baiknya kamu menanyakan berbagai peraturan yang berlaku di lingkunganmu menginap.

Meskipun kamu menginap hanya semalam, namum mengetahui kearifan lokal dan segala peraturannya akan membuatmu lebih nyaman.

Misalnya saja jam malam maksimal keluar komples, atau alternative jalan yang bisa kamu lewati saat gerbang di kompleksmu menginap sudah ditutup.

10. Jangan Lupa Catat Nomor Resepsionis atau CS Hotel yang Bisa Kamu Hubungi 24 Jam

Sebagai langkah preventif, kamu tidak boleh lupa untuk mencatat nomor-nomor penting. Terutama nomor CS ataupun resepsionis tempatmu menginap.

Ini akan memudahkanmu saat menemui beberapa masalah dan kendala ketika berada di luar hotel.

Setidaknya ada orang yang bisa kamu tanyai dan bisa menolongmu disaat keadaan genting.

Nah, itu dia tadi 10 tips versi pelancongngapak yang bisa kamu coba saat akan menginap di luar kota. Jangan lupa untuk tetap hati-hati yah, dan selamat melancong.


Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment