input license here

BERBURU NASI BRONJOL, NASI UNIK KHAS PURBALINGGA

Foto: pelancongngapak/eva oktafikasari

Kali ini saya ingin mengajak kawan pelancong untuk mencicipi salah satu menu yang unik khas Kabupaten Purbalingga, yaitu Nasi Bronjol. Apa itu Nasi Bronjol? Yuk, kita simak ulasan berikut ini.

Asal Usul Nasi Bronjol

Nasi Bronjol atau Sega Bronjol dalam Bahasa Jawa, adalah salah satu hidangan unik dan langka khas daerah Serang, Purbalingga. Nasi ini merupakan sajian berupa campuran nasi merah dan jagung yang sudah dihaluskan. Lauknya terdiri dari sambal hijau, lalapan sayur, pete mentah, ikan asin, dan tempe goreng.

Hidangan berupa nasi liwet dan campuran jagung sebenarnya merupakan alternative makanan yang hadir disaat kondisi paceklik atau ekonomi sulit. Guna mensiasati mahalnya harga beras saat itu, warga di Desa Sangkanayu hingga Desa Serang, Kabupaten Purbalingga kemudian mencampur nasi dan jagung yang sudah dihaluskan. Namun, karena jagungnya yang tidak terlalu halus dan masih bertekstur kasar atau mbronjol maka dinamakanlah sebagai Sega Bronjol.

Hidangan Favorit Para Pelancong

Meskipun awalnya Nasi Bronjol hanya dijadikan sebagai alternative disaat masa paceklik tiba, kini Nasi Bronjol sudah menjadi menu andalan di kawasan wisata Pinesan, Desa Serang, Kabupaten Purbalingga.

Rasanya belum lengkap berwisata di Purbalingga, jika kawan pelancong belum mencicipi nasi unik yang satu ini. Nasi Bronjol sendiri sering di pamerkan dalam berbagai festival UMKM yang diadakan oleh pemerintah kecamatan hingga kabupaten, dan selalu mendapatkan respon positif dari para pengunjung.

Hingga kini, Nasi Bronjol selalu menjadi incaran para pecinta kuliner dan pelancong, baik yang datang dari wilayah Purbalingga maupun luar kota.

Perpaduan nasi merah dan jagung liwet benar-benar terasa nikmat saat dipadukan dengan gurihnya ikan asin dan segarnya sambal hijau. Ditambah lagi, aneka lalapan sayur yang sehat seperti kubis kukus, cipir kukus, daun singkong kukus dan timun segar.

Buat pecinta pete, pasti setuju kalau menu makanan akan terasa lebih enak jika dinikmati dengan lalapan pete mentah, Nasi Bronjol juga terasa semakin nikmat saat ditambahkan dengan tempe goreng yang gurih di luar namun tetap lembut saat dikunyah. Hmmm, auto ngiler deh.

Alamat, Harga dan Menu Lainnya

Foto: pelancongngapak/eva oktafikasari

Warung Nasi Bronjol bisa kawan pelancong temukan dengan mudah di kawasan wisata Pinesan, Serang, Purbalingga. Letaknya persis berada di tepi jalan jadi sangat mudah untuk dicari.

Warung Nasi Bronjol berkonsep warung sederhana dengan material utama berupa kayu yang menambah keunikan tersendiri.

Pengunjung bisa memilih untuk menikmati hidangan secara indoor maupun outdoor, bahkan kawan pelancong juga bisa memilih untuk menikmati suasana rumah panggok (rumah panggung terbuat dari kayu) yang berada di lantai dua kawasan Warung Nasi Bronjol.

Nasi Bronjol dijual dengan harga Rp.10.000/porsinya, selain Nasi Bronjol ada juga menu andalan Kabupaten Purbalingga yang tidak boleh kawan pelancong lewatkan, yaps mendoan. Mendoan sendiri dibanderol dengan harga Rp.5.000/porsi yang terdiri dari 5 buah dan Rp.10.000/porsi untuk porsi besar berisi 11 buah.


Foto: pelancongngapak/eva oktafikasari

Selain kedua menu tersebut, kawan pelancong juga bisa memesan aneka mie kuah dan mie goreng, serta berbagai minuman mulai dari teh manis, hingga Kopi Gunung Malang yang juga menjadi kopi andalan khas di daerah Serang, Purbalingga.

Jadi, kapan nih kawan pelancong mau mencicipi menu unik khas Kabupaten Purbalingga yang satu ini?



 

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment